Buat Anda yang ritun mudik setiap lebaran, sebaiknya biasakan membeli tiket transportasi  secara online mulai sekarang. Keuntungan Beli Tiket Mudik Online Jauh Hari Sebelum Lebaran ini ada banyak sekali. Pasalnya, ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan bila persiapan mudik dilakukan jauh hari sebelum lebaran dengan menggunakan transaksi nontunai.

Keuntungan pertama adalah Anda bisa leluasa membeli tiket sesuai jadwal yang diinginkan. Keuntungan kedua, tentu saja Anda tidak akan kehabisan tiket. Dan keuntungan ketiga, Anda bisa mendapatkan harga lebih murah dan peluang mendapatkan promosi. Ini merupakan peluang Beli Tiket Mudik Online Jauh Hari Sebelum Lebaran

Survei yang dilakukan oleh ShopBack beberapa waktu lalu terhadap para calon pemudik menunjukkan, banyak responden yang membeli tiket mudik jauh sebelum lebaran. Alasannya adalah agar tidak kehabisan tiket dan dapat harga lebih murah.

Saat ditanya apa yang mereka lakukan sebelum membeli tiket mudik, responden menjawab:

  • Mencari promo atau potongan harga yang menarik.
  • Membandingkan harga tiket
  • Beli tiket menggunakan kartu kredit di toko online yang menawarkan cicilan 0%.
  • Melihat jadwal cuti bersama.

Indra Yonathan, Co-Founder & Country Head Shopback Indonesia menyarankan, agar tidak kehabisan dan mendapatkan harga terbaik untuk tiket mudik lebaran, lebih baik membeli dan mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Sebisa mungkin hindari waktu-waktu favorit orang membeli tiket untuk mudik.

“Beberapa platform e-commerce akan memberikan diskon atau potongan harga yang menarik. Namun tentunya promo-promo tersebut dilakukan pada periode yang terbatas. Jadi akan lebih baik konsumen dapat melakukan pembelian selagi promo tersebut masih ada.”

Terkait mudik lebaran ini, Shopback pun menawarkan program Mudik Meriah ShopBack, dimana setiap transaksi tiket mudik, terutama tiket kereta api yang dilakukan di Shopback akan mendapatkan cashback hingga Rp 150.000.

Lonjakan Pembelian Tiket

Yonathan mengatakan, volume transaksi pembelian tiket untuk mudik lebaran akan mengalami lonjakan selama tiga kali, pertama akan terjadi di minggu pertama hingga kedua Maret, kemudian pada April hingga pertengahan Mei 2018. Peningkatan pemesanan tiket akan kembali terjadi pada H-7 lebaran.

Itulah sebabnya, beberapa transportasi seperti Kereta Api Indonesia (KAI) sudah membuka penjualan tiket mudik tiga bulan sebelum lebaran. KAI mengaku membuka layanan lebih cepat agar tidak terjadi lonjakan pembelian tiket menjelang lebaran nanti.

“Berdasarkan survei ini, sepertiga (33,2%) responden mengaku akan membeli tiket mudik lebaran 1-2 bulan sebelum lebaran, 26% membeli tiket pada H-7 lebaran, 20,5% membeli 2-3 minggu sebelum lebaran dan bahkan 16.7% membeli tiket pada 3-4 bulan sebelum lebaran,” ujar Yonathan.

Walaupun volume peningkatan pembelian tiket mudik lebaran akan terjadi pada periode tersebut, Yonathan menyarankan agar masyarakat lebih bijak dalam menentukan kapan akan membeli tiket untuk mudik, agar tidak kehabisan tiket dan dapat berkumpul bersama keluarga saat lebaran nanti.

Leave a Reply