Fungsi dan Keuntungan-Kerugian Memakai Kartu Debit

Fungsi dan Keuntungan

Kartu ini memang identik dengan gaya hidup konsumtif, shopaholic dan hutang. Namun meski demikian ternyata kartu ini memiliki berbagai manfaat atau keuntungan jika kita bisa menggunakannya dengan bijak. Nah berikut adalah diantaranya:

 

  1. Aman

Beberapa orang akan waswas jika harus membawa uang cash dalam jumlah besar untuk bertransaksi. Resiko kehilangan adalah faktor yang paling mempengaruhinya. Nah dengan menggunakan kartu kredit, resiko ini tidak perlu kita khawatirkan lagi. Karena jika kita mengalami kehilangan kartu kredit maka kita bisa langsung melaporkannya kepada bank penerbit agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun anda harus tetap mengkonfirmasi terlebih dahulu soal kebijakan dari masing-masing bank jika terjadi kasus seperti ini.

 

  1. Praktis

Dengan fasilitas yang disediakan kartu kredit, kita tidak perlu lagi kerepotan menghitung uang yang harus dibayarkan atau menghitung uang kembalian. Dan pastinya kita tidak perlu repot membawa uang cash dalam jumlah besar.

 

  1. Mudah

Berbagai kemudahan lain juga dapat dimanfaatkan nasabah dengan menggunakan kartu ini. Misalnya jika kita sedang memerlukan barang tertentu namun kita tidak memiliki uang cash, kita tetap dapat membelinya dengan kartu kredit dimana nantinya dapat kita lunasi belakangan. Hal ini akan menguntungkan jika ada diskon atau obral tertentu yang berlaku dalam waktu singkat.

 

  1. Keuntungan lain

Pernah melihat berbagai promo potongan harga yang hanya berlaku untuk penggunaan kartu kredit? Atau promo cicilan ringan dengan bunga 0%? Yups keuntungan seperti itu juga bisa kita dapatkan dengan menggunakan kartu kredit.

 

Kerugian Menggunakan Kartu Kredit

Meski memiliki berbagai keuntungan, ternyata penggunaan kartu ini akan dapat merugikan penggunanya jika ia tidak bisa mengatur penggunaannya dengan baik. Misalnya:

 

  1. Harus selalu membayar hutang

Seperti yang sudah mimin tulis diatas, kita bisa berbelanja sesuka kita lalu membayarnya belakangan. Jika nilai atau jumlah “hutang” kita tidak terlalu banyak sepertinya tidak akan menjadi masalah. Namun jika hutang tersebut memiliki jumlah yang besar hingga kita tidak bisa membayarnya, tentu saja itu akan menjadi sebuah masalah.

 

  1. Pengaturan keuangan yang kacau

Jika kita tidak mampu menggunakan kartu kredit dengan bijak seperti yang mimin singgung pada poin nomor 1 diatas, maka bukan tidak mungkin pengelolaan keuangan kita akan kacau karena harus membayar hutang yang jumlahnya bisa saja lebih besar dari kemampuan kita sehingga kita tidak bisa menyisihkannya untuk hal lain seperti menabung misalnya.

 

  1. Menjadi konsumtif

Kemudahan yang ditawarkan membuat para pengguna kartu kredit menjadi konsumtif karena merasa dimudahkan terutama untuk hal berbelanja. Hal inilah yang harus diwaspadai.

 

Tips menggunakan kartu kredit

Dengan adanya keuntungan dan kerugian yang sudah mimin bahas diatas, tentu saja kita harus pintar-pintar mengatur nilai transaksi saat menggunakan kartu kredit. Gunakanlah seperlunya dan kita harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan sebelum memutuskan untuk berbelanja. Karena jika anda tidak ingin terlilit hutang maka anda harus sedikit meredam keinginan dan lebih mengutamakan kebutuhan. Nah itulah beberapa hal yang bisa mimin jelaskan soal kartu kredit. Semoga bermanfaat 😀