E Money atau Uang Elektronik Bank Mandiri

Uang elektronik (atau uang digital) atau E Money adalah uang yang digunakan dalam transaksi Internet dengan cara elektronik. Biasanya, transaksi ini melibatkan penggunaan jaringan komputer (seperti internet dan sistem penyimpanan harga digital). Electronic Funds Transfer (EFT) adalah sebuah contoh uang elektronik. Uang elektronik memiliki nilai tersimpan (stored-value) atau prabayar (prepaid) dimana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronis yang dimiliki seseorang. Nilai uang dalam e-money akan berkurang pada saat konsumen menggunakannya untuk pembayaran. E-money dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pembayaran (multi purpose) dan berbeda dengan instrumen single purpose seperti kartu telepon. Uang elektronik merupakan bidang yang menarik dalam kriptografi (lihat, hasil kerja David Chaum), penggunaan uang digital sampai sekarang masih dalam skala-kecil.

 

Khusus e-money berbentuk pre-paid card, Bank Mandiri memiliki 3 jenis kartu yang secara khusus didesain dengan fitur tertentu di dalamnya, antara lain: Indomaret Card (Kartu ini bisa digunakan untuk berbelanja dan juga mendapatkan potongan harga khusus pada gerai-gerai Indomaret) ; Gaz Card (Mandiri mengeluarkan kartu ini dengan kegunaan untuk mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Pom Bensin milik Pertamina) ; E-Toll (Kartu ini bisa digunakan untuk membayar akses jalan tol).

www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik Bank Mandiri
www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik Bank Mandiri

Fitur

  • Sebagai pengganti uang tunai
  • Saldo tersimpan pada chip, sehingga tidak diperlukan tanda tangan dan PIN
  • Dapat diisi ulang (top up)
  • Dapat dimiliki oleh nasabah maupun non-nasabah Bank Mandiri
  • Dapat dipindahtangankan
  • Saldo pada kartu tidak diberikan bunga
  • Maksimal saldo Rp 1.000.000,-
  • Dapat digunakan untuk pembayaran tagihan rutin (khusus di gerai Indomaret) seperti : PLN, Telkom, Indovision, First Media, dan Oto Multi Artha

Pembelian kartu perdana

Dapatkan kartu perdana mandiri e-money di lokasi sebagai berikut :

  1. Cabang Bank Mandiri
  2. Merchant Retail, seperti: Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo, Circle-K, 7-, Eleven, Hypermart dan merchant lainnya yang akan dikembangkan di kemudian hari.

Masa berlaku

Kartu mandiri e-money tidak mempunyai masa berlaku. Biaya kartu, hanya dikenakan apabila dilakukan penutupan kartu (redemption) atas keinginan pemegang kartu yaitu sebesar Rp 5.000,-.

Penggunaan kartu mandiri e-money dapat digunakan di merchant-merchant berikut ini :

www.Nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik Bank Mandiri1
www.Nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik Bank Mandiri1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan beri komentar!
Masukkan nama Anda di sini