Seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan dompet digital, kini aktivitas pembayaran semakin terintegrasi ke dalam telepon genggam kita. Hal ini memungkinkan pengalaman berbelanja secara nontunai yang lebih mudah, serta mengurangi peluang terjadinya penipuan.

Berikut merupakan beberapa tips dari Mastercard yang dapat Anda lakukan untuk melakukan makeover virtual terhadap dompet digital Anda.

1

Pilih sebuah aplikasi dompet digital, lalu pasang (install) aplikasi tersebut dalam telepon genggam Anda

Fitur dan keuntungan yang Anda dapatkan bisa sangat beragam, beberapa aplikasi bahkan menawarkan fitur pemindai (scanner) yang dapat membantu Anda untuk mengelola tiket dan kupon yang sudah Anda beli.

Pilihlah dompet digital yang banyak digunakan, memiliki rating tinggi, dan dilengkapi dengan kombinasi fitur yang paling menguntungkan bagi Anda.

2

Sambungkan kartu pembayaran Anda dengan sebuah dompet digital

Anda hanya perlu memasukkan informasi pembayaran Anda dalam aplikasi dompet digital yang telah Anda pasang. Informasi ini meliputi alamat pengiriman (shipping) dan penagihan (billing), serta metode pembayaran (termasuk nomor kartu kredit dan debit, tanggal kadaluwarsa aliasĀ expiry dates, dan kode keamanan). Dalam beberapa kasus, Anda juga diminta untuk memasukan informasi biometrik sebagai fitur keamanan tambahan.

3

Sesuaikan ponsel dengan ketentuan yang diperlukan oleh aplikasi dompet digital Anda

Pastikan fitur ponsel Anda sesuai dengan aplikasi dompet digital yang Anda pasang. Beberapa dompet digital memerlukan teknologi Near Field Communication (NFC) untuk bekerja. Teknologi canggih ini memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran hanya dengan sekali tekan. Akan tetapi, tidak semua ponsel cerdas (smartphone) dan tablet dilengkapi dengan teknologi NFC, jadi pastikan Anda mengikuti perkembangan terbaru fitur-fitur ponsel.

Cari tahu gerai atau toko yang telah mengaplikasikan teknologi dompet digital

Meskipun dompet digital semakin umum untuk digunakan, tidak semua gerai atau toko dan situs belanja menerima pembayaran melalui dompet digital. Cari tahu daftar penjual yang menerima metode pembayaran dengan dompet digital, dengan demikian kegiatan berbelanja akan menjadi semakin mudah, cepat, dan aman.

Gunakan dompet digital Anda

Saat Anda akan melakukan pembayaran untuk barang yang telah Anda pilih, dompet digital akan meminta Anda untuk memasukkan sebuah kata sandi (password) ketika aplikasi tersebut mengenali sebuah formulir yang dapat diisi. Perlindungan ini dibutuhkan agar orang lain tidak dapat melihat informasi personal yang tersimpan dalam sebuah komputer. Selain itu, aplikasi dompet digital juga akan secara otomatis melengkapi formulir tersebut, sehingga Anda tidak perlu repot dengan pembayaran saat berbelanja.

Selalu monitor transaksi dan saldo Anda

Beberapa dompet digital juga dapat membantu melacak transaksi-transaksi Anda, sehingga memungkinkan Anda untuk memonitor pembayaran dan menemukan hal-hal yang ganjil dalam tagihan Anda secara lebih mudah. Beberapa aplikasi bahkan memungkinkan penggunanya untuk mengambil gambar struk pembayaran untuk keperluan pajak dan menyediakan fitur yang dapat memonitor jumlah pengeluaran Anda.

Leave a Reply