Cash Management System

www.nontunai.com-Cash Management System
www.nontinai.com-Cash Management System

CMS BRI (Cash Management System) – BRI mulai memperkenalkan Cash Management System (CMS) BRI pada Oktober 2009, bertempat di Kantor Cabang Jasa Raharja Jakarta. Dengan menggunakan CMS BRI, aplikasi dapat dilakukan setiap saat dimanapun berada, artinya dengan aplikasi tersebut bisa dijalankan tanpa mengenal ruang dan waktu. Sistem tersebut juga tidak membutuhkan perangkan instalasi khusus, cukup sederhana, dan mudah diaplikasikan oleh siapapun (User friendly). Selain itu, sistem keamanannya juga sangat terjamin, yaitu dengan menggunakan User id, password, secure id toke, serta konsep User Access Matrik (UAM) & Approval Verification Matrix (AVM).

Tentang CMS BRI

CMS BRI adalah salah satu produk layanan yang dikeluarkan oleh BRI kepada nasabah perusahaan maupun lembaga. Falisitas ini merupakan layanan sistem pengelolaan keuangan perusahaan atau lembaga bersangkutan. Dengan fasilitas tersebut, nasabah dapat melakukan pengelolaan keuangannya secara langsung melalui jaringan online.

Registrasi dan Sistem Pengamanan CMS BRI

Regristrasi CMS BRI dapat dilakukan dengan mudah dan bebas biaya. Dengan sistem User Access Matrix (UAM), pengguna dapat melakukan pengaturan pembatasan akses. Dengan demikian, pengguna dapat mengatur akses yang diberikan kepada individu maupun user group terhadap fitur-fitur yang tersedia dalam sistem CMS BRI.

Selain fasilitas sistem UAM, CMS BRI juga menerapkan sistem Approval Verification Matrix (AVM), yaitu sebuah sistem pengaturan terhadap proses persetujuan transaksi maupun pembatasan transaksi. Dalam sistem Approval Verification Matrix (AVM), CMS BRI menyediakan beberapa fasilitas, yaitu maker, verifier, dan approver. Maker diperuntukkan bagi pembuat transaksi dimaksud, sementara itu verifier diperuntukan bagi pelaku verifikasi, sedangkan approver adalah orang yang menyetujui proses transaksi tersebut. CMS BRI juga dilengkapi dengan sistem pengamanan sms atau SMS Security System yang dikombinasikan dengan pengamanan standar, yaitu User ID, Password, dan Secure Token, serta Pengamanan definitif melalui penerapan sistem UAM dan VAM. Selain itu, untuk mengakses CMS BRI juga diperlukan Corporate ID, yaitu kode yang diberikan kepada perusahaan/lembaga untuk melalukan login ke CMS BRI.

Manfaat CMS BRI

Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan CMS BRI. Sebuah teknologi e-banking yang memberikan berbagai kemudahan dan keleluasaan operasi bagi pengguna. Pengguna dapat mengatur, melakukan efisiensi, dan memaksimalkan keuntungan dari dana yang diendapkan, yaitu dengan sistem moving fund. Dengan melakukan moving fund, pengguna dapat memindahkan dananya ke rekening-rekening yang memiliki tingkat suku bunga tinggi. Selain itu, CMS BRI juga memungkinkan pengguna untuk melakukan mutasi dari dan antar rekening dalam hitungan waktu hari.

Beberapa Istilah Penting Dalam CMS BRI

  1. Nasabah, yaitu badan usaha atau lembaga yang memiliki rekening di BRI.
  2. Client, yaitu nasabah yang telah terdaftar sebagai pengguna atau user CMS BRI.
  3. Corporate ID, yaitu kode tertentu yang diberikan oleh Bank BRI kepada Client untuk menunjukkan identitas perusahaan atau lembaga saat melakukan login ke CMS BRI.
  4. User ID, yaitu kode yang diberikan kepada Client untuk menunjukkan identitas seseorang yang memiliki hak akses ke CMS BRI. Sehingga hanya orang-orang yang telah ditunjuk saja yang dapat melakukan akses CMS BRI.
  5. User Admin, yaitu User ID yang memiliki kewenangan dan tanggung jawam untuk melakukan pengaturan aplikasi CMS BRI.
  6. User SysAdmin, yaitu User ID yang memiliki kewenangan untuk melakukan verifikasi dan persetujuan terhadap setting aplikasi yang dibuat oleh User Admin.