1Pastikan Anda mengetahui nomor call center bank Anda

Nomor call center amatlah penting diketahui, jika anda tidak bisa mengingat call center alangkah baiknya anda browsing di internet untuk mengetahui nomor tersebut. karena pada banyak kasus banyak nomor call center palsu yang sengaja di tempel pada mesin ATM oleh beberapa opnum penipuan. Hal ini bertujuan agar ketika nasabah mengalami kendala seperti atm tertelan atau tidak bisa keluar maka secara otomatis akan menghubungi nomor call center yang tertera. Selanjutnya opnum penipuan akan menanggapi dan menipu nasabah tersebut.

 

2Jangan memberikan nomor kartu atau masa berlaku atau tiga angka terakhir di belakang kartu kredit kepada merchant yang tidak Anda ketahui.

Nomor kartu atau masa berlaku yang tertera dibelakang kartu kredit amatlah penting. karena merupakan kode unik untuk konfirmasi atau mencantumkan identitas kartu kredit. sehingga ketika anda melakukan transaksi haruslah melihat apa yang dilakukan oleh kasir merchant akan kartu kredit anda.

3Jangan berikan nomor PIN Anda kepada siapapun termasuk kepada petugas bank ataupun orang terdekat Anda.

Nomor PIN anda merupakan kunci no rekening, ibarat rumah jika anda memberikan kunci kepada orang yang tidak anda kenal. maka dapat dipastikan rumah anda akan berbahaya seperti pencurian dll.

4Jangan memberikan kartu kredit atau kartu ATM Anda kepada pihak lain karena bank tidak pernah meminta kembali kartu Anda.

Kartu kredit atau kartu ATM adalah hak anda sebagai nasabah, sehingga tidak ada peraturan bank untuk mengambil atau meminta kembali kartu anda. Karena hal tersebut merupakan hak milik anda.

5Apabila Anda mengembalikan kartu kepada bank, pastikan kartu telah Anda potong.

Sebagaimana hak milik maka anda juga berhak dengan apapun kepemilikan kartu anda. Maka alangkah baiknya ketika anda mengembalikan kartu kepada bank. Seharusnya anda memotong kartu anda agar kedepannya tidak disalah gunakan.

6Kartu pembayaran Anda (kartu ATM, debit atau kartu kredit) harus selalu dalam pengawasan Anda.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kartu pembayaran yang anda miliki merupakan aset terbesar khususnya dalam keuangan. Sehingga anda haruslah menjaga dengan apik dan menjaga kerahasiaan nomor pin. Tips lainnya adalah jangan anda taruh seluruh kartu tersebut dalam satu dompet yang biasa anda membawanya. Dikarenakan ketika dompet tersebut hilang maka semua akses keuangan anda bisa hilang juga.

Tinggalkan Balasan