“BI Goes to Campus” Kampanyekan Gerakan Nasional Nontunai di 4 Kota

Pembukaan BI Goes to Campus di Gedung Sultan Suriansyah, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin (unlam.ac.id)

Dalam rangka mensosialisasikan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), Bank Indonesia kembali menggelar kampanye nontunai ke kampus-kampus besar lewat rangkaian kegiatan BI Goes to Campus serta Lomba Blog dan Vlog dengan tema besar “Smart Money Wave“.

Bekerjasama dengan Net, BI Goes to Campus menyambangi empat universitas di empat kota besar tanah air, dimulai dari Banjarmasin tanggal 1 November 2016 lalu, dan akan berakhir di Semarang tanggal 1 Desember 2016 nanti.

Keempat kampus tersebut adalah:

  1. Universitas Lampung Mangkurat, Banjarmasin (1 November 2016).
  2. Universitas Negeri Makassar (UNM), Makassar (15 November 2016).
  3. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan (17 November 2016).
  4. Universitas Diponegoro, Semarang (1 Desember 2016).
Iskandarjet sedang berbagi kiat menulis kreatif di blog di hadapan 1300 mahasiswa ULM Banjarmasin, 1 November 2016. (@iskandarjet)
Iskandarjet sedang berbagi kiat menulis kreatif di blog di hadapan 1300 mahasiswa ULM Banjarmasin, 1 November 2016. (@nontunai)

Inovasi LKD di Banjarmasin

Di setiap kampus yang dikunjungi, BI menyampaikan pesan dan tema yang berbeda, namun tetap dalam satu semangat menggelorakan ‘gelombang uang pintar’ yang mulai digunakan di banyak kalangan masyarakat perkotaan.

Di ULM Banjarmasin, tema yang diangkat adalah “Inovasi Bernama Layanan Keuangan Digital (LKD)”. Sebagai salah satu saluran distribusi inovatif inklusi perbankan, LKD melakukan ekspansi ke daerah-daerah pelosok dengan memanfaatkan telepon genggam, baik berbasis aplikasi mobile maupun SMS. Dengan LKD, BI berusaha menjangkau masyarakat yang belum mendapatkan akses ke perbankan atau disebut unbanked people.

Dalam pengembangannya, Bank Indonesia bersama Kementerian/Lembaga terkait menginisiasikan kegiatan penyaluran dana bantuan sosial melalui LKD untuk dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Acara BI Goes to Campus di Banjarmasin dihadiri oleh 1300 mahasiswa ULM dan mahasiswa dari kampus lainnya. Kegiatan yang diadakan di Gedung Sultan Suriansyah ini dihadiri oleh Walikota Banjarmasin yang diwakili oleh Staf Ahli Pembangunan Agus Surono, Kepala Kantor Perwakilan BI Kalimantan Selatan Harymurthy Gunawan dan Rektor ULM Sutarto Hadi.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Sutarto menyambut dan mendukung penuh kegiatan GNNT, dan menyampaikan niatnya untuk membuka cafe nontunai di ULM. GNNT sendiri dicanangkan BI sejak tahun 2014, dengan target meningkatkan penggunaan transaksi nontunai di tanah air.

Para pengisi acara di BI Goes to Campus Banjarmasin, 1 November 2016. (http://gnnt.netcj.co.id/roadshow/banjarmasin)
Para pengisi acara di BI Goes to Campus Banjarmasin, 1 November 2016. (http://gnnt.netcj.co.id/roadshow/banjarmasin)

Hiburan dan Pelatihan

Selain sosialisasi Nontunai, acara ini juga diisi dengan hiburan dan sesi pelatihan. Para mahasiswa menikmati penampilan musik Rizky Febian dan penampilan kocak Panji Pragiwaksono.

Mereka juga sangat antusias menyimak materi pelatihan “Menulis Kreatif di Blog” yang disampaikan oleh Pengasuh Kompasiana Iskandar Zulkarnaen alias Iskandarjet. Selama satu jam, Iskandarjet meyakinkan mahasiswa untuk menjadi pencipta konten, antara lain lewat tulisan dengan gaya bercerita atau storytelling.

Sesi pelatihan berikutnya disampaikan oleh Produser Net CJ Thomas Herda yang memaparkan seputar Net CJ dan kiat membuat konten video bernilai berita. Thomas juga mengajak mahasiswa menjadi bagian dari gerakan jurnalisme warga.

Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, TELKOMSEL, INDOSAT dan XL ikut memeriahkan "BI Goes to Campus" di Banjarmasin. (@nontunai)
Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, TELKOMSEL, INDOSAT dan XL ikut memeriahkan “BI Goes to Campus” di Banjarmasin. (@nontunai)

Pameran dan Lomba Berhadiah

Selain itu, di halaman gedung, para penyedia alat transaksi nontunai dari perbankan dan industri non-bank menggelar pameran dan menjajakan produknya kepada para pengunjung.

Produk-produk #nontunai dari Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, TELKOMSEL, INDOSAT dan XL ikut memeriahkan BI Goes to Campus bersama Net di kampus pertama ini. Semua mahasiswa dan pengunjung dari masyarakat umum bebas menikmati aneka promo dan kemudahan registrasi uang elektronik.

Selain itu, masih dalam rangkaian kegiatan sosialisasi bertemakan “Smart Money Wave” ini, BI juga menggelar lomba blog dan vlog dengan hadiah total Rp 100 juta rupiah. Para blogger dari kalangan mahasiswa dan umum sudah bisa mengirimkan karya lombanya sampai tanggal 15 Desember 2016. Penyerahan hadiahnya sendiri akan dilakukan di acara khusus yang akan digelar pada tanggal 21 Januari 2017.

Untuk syarat dan ketentuan lomba, bisa dibaca di sini.

This slideshow requires JavaScript.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan beri komentar!
Masukkan nama Anda di sini