Selasa (24/4) besok, Kementerian Perdagangan akan menggelar puncak perayaan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) bersama Provinsi Bangka Belitung selaku tuan rumah Harkonas 2018. Bangka Belitung Jadi Tuan Rumah Harkonas 2018 tentunya telah melalui berbagai macampertimbangan.

Puncak perayaan akan diadakan di Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Kota Pangkal Pinang. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipilih sebagai tempat penyelenggaraan puncak Harkonas karena pernah dinobatkan sebagai salah satu Provinsi Peduli Perlindungan Konsumen 2016.

Beberapa rangkaian kegiatan telah dimulai di Bangka, salah satunya acara “Jalan Sehat 4 KM” yang diadakan Ahad (22/4) kemarin.

Sebanyak 1.000 peserta dilepas Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah di Alun-alun ATM, mengambil rute Alun-alun Taman Merdeka (ATM) –Jl. Merdeka–Jl. Jend. Sudirman–Jl. Stania–Jl. Ahmad Yani–Jl. Kenanga–Jl. Masjid Jamik–Jl. Jend. Sudirman dengan jarak tempuh 4 km.

“Kegiatan sehat ini diikuti berbagai kalangan, mulai dari perangkat daerah Provinsi Babel, pelajar, mahasiswa, pelaku usaha, hingga masyarakat kota Pangkal Pinang dan sekitarnya, serta keluarga besar Kemendag,” ungkap Abdul Fatah.

Sejumlah kegiatan lain akan dilakukan, seperti seminar, bincang-bincang, dan pameran multiproduk. Selain itu, berbagai kompetisi juga akan digelar seperti kompetisi menulis blog, video clip, dan vlog. Peringatan Harkonas ini melibatkan Pemerintah Daerah baik tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota; para pelaku usaha; serta asosiasi.

Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubugan Antar Lembaga, Kementerian Perdagangan, Suhanto mengutarakan harapannya agar kegiatan ini dapat menggugah masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas.

“Jalan sehat bareng dalam peringatan Harkonas ini diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas yang sanggup memperjuangkan hak dan kewajibannya seperti yang telah dijamin Pemerintah dalam Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen,” ujarnya.

Suhanto juga menyampaikan pesan untuk menjadi konsumen cerdas. “Teliti sebelum membeli, cek label dan tanggal kedaluwarsa, cek tanda SNI untuk barang yang telah diwajibkan SNI, beli sesuai kebutuhan, dan yang tak kalah penting adalah selalu menggunakan produk buatan dalam negeri,” tandasnya.

Leave a Reply