Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menetapkan hari Rabu, 28 Februari 2018, sebagai batas akhir registrasi dan daftar ulang kartu seluler prabayar. Masyarakat diminta untuk segera mendaftarkan nomor ponselnya masing-masing, paling telat besok. Banyak cara registrasi kartu seluler untuk semua operator di Indonesia, mulai dari SMS hingga Online.

Cara registrasi kartu seluler prabayar sangat mudah. Pengguna hanya perlu mengirimkan SMS ke nomor 4444 dengan menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga. Hal itu mengacu pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nomor 14 Tahun 2017.

Meskipun nomor untuk registrasi sama, tapi format dan caranya berbeda antara satu operator seluler dengan operator lainnya.

Bagi Anda yang belum melakukan registrasi ulang, silakan ikuti cara berikut, sesuai dengan operator yang Anda gunakan.

TELKOMSEL

  • Registrasi via SMS
    • Pengguna lama. Bagi Anda pengguna lama kartu SIM prabayar Telkomsel, baik itu Simpati, As, atau Loop, cukup mengirimkan SMS berikut: ULANG(Spasi)NIK#NomorKK# kirim ke nomor 4444.
    • Pengguna baru. Bila Anda pengguna baru kartu prabayar Telkomsel, kirim SMS dengan format: REG(spasi)NIK#NomorKK# kirim ke 4444.
  • Registrasi via Website. Pengguna lama maupun baru juga bisa registrasi online lewat website Telkomsel dengan cara mengisi semua isian di sini: https://www.telkomsel.com/daftar-ulang-prepaid.

INDOSAT

  • Registrasi via SMS
    • Pengguna lama. Bagi Anda pengguna lama kartu SIM prabayar Indosat, cukup mengirimkan SMS berikut: ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK# kirim ke nomor 4444.
    • Pengguna baru. Bila Anda pengguna baru kartu prabayar Indosat, kirim SMS dengan format: 16 digit NIK#16 digit nomor KK# kirim ke 4444.
  • Registrasi via Website. Pengguna lama maupun baru juga bisa registrasi online lewat website Telkomsel dengan cara mengisi semua isian di sini: https://indosatooredoo.com/id/personal/support/knowledge-management-system/faq-registrasi.

SMARTFREN

Bagi pelanggan Smartfren, silakan SMS dengan format: 16 digit NIK#16 digit nomor KK kirim ke 4444.

Anda juga bisa melakukan pendaftaran via laman resmi Smartfren. Klik tautan berikut ini.

TRI

Bagi pelanggan baru atau calon pelanggan Tri, bisa mengirim SMS ke nomor 4444 dengan format: 16 digit NIK#16 digit nomor KK.

Lantas, bagi pelanggan aktif atau lama, bisa menggunakan format: ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#.

Pengguna juga bisa mendaftar melalui internet yang juga tidak dipungut biaya.

Registrasi bisa dilakukan dengan mengunjungi situs di tautan berikut ini.

XL DAN AXIS

Bagi pelanggan baru XL dan Axis menggunakan format DAFTAR#16 digit NIK#16 digit nomor KK.

Untuk pelanggan aktif atau pelangggan lama XL dan Axis, bisa menggunakan format ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK.

Via internet

Selain SMS, registrasi juga bisa dilakukan melalui website resmi XL di tautan berikut ini.

Baik pendaftaran melalui website maupun internet bersifat gratis. Registrasi juga bisa dilakukan di gerai XL terdekat, sekaligus berkonsultasi jika menemui masalah dalam proses registrasi.

Atau lihat caranya di gambar berikut:

cara registrasi kartu sim seluler semua operator

Leave a Reply