Fitur Nontunai WhatsApp Payment (WAP) sedang diuji coba di India sejak minggu lalu, dan dalam waktu dekat akan dirilis ke publik. Dengan adanya WAP, pengguna WhatsApp memiliki tambahan cara nontunai baru untuk mengirimkan uang ke orang lain, baik ke rekening dalam satu bank maupun antar-bank.

Fitur pembayaran WAP menggunakan sistem Unified Payments Interface (UPI) yang sudah digunakan oleh banyak bank di dunia. Untuk mengirim uang, Anda cukup menekan ikon lampiran (lambang penjepit) yang ada di sebelah kanan kolom ‘tulis pesan’.

Di dalam menu Lampiran ini akan ada tambahan fitur ‘Pembayaran’, melengkapi fitur-fitur yang sekarang sudah ada, yaitu Dokumen, Kamera, Galeri, Audio, Lokasi dan Kontak.

Setelah menekan fitur Pembayaran, pilih kontak yang ingin Anda kirimi uang. Pilih akun bank Anda dan bank penerima. Masukkan nominal uang. Masukan nomor PIN UPI (sama seperti PIN di ATM). Seketika, uang Anda akan terkirim secara virtual ke rekening yang dituju. WhatsApp Payments mendukung transaksi ke lebih dari 70 bank di India.

Saat transaksi pertama, pengguna bakal diminta untuk memverifikasi nomor seluler. Pastikan nomor seluler untuk mengakses WhatsApp sesuai dengan nomor seluler yang tertaut dengan akun bank Anda via UPI.

Kalau Anda belum punya akun UPI, jangan khawatir. WAP akan menawarkan opsi untuk membuat akunUPI saat proses transfer dilakukan.

Semua transaksi Anda akan terekam di riwayat WhatsApp Payments. Karena masih dalam bentuk beta, bisa jadi fitur-fitur yang ada saat masih masih akan dikembangkan. Belum ada kejelasan kapan WhatsApp Payments tersedia di negara lain, termasuk Indonesia.

Baca juga:

WhatsApp Mulai Uji Coba “WhatsApp Payment” di India

 

Leave a Reply