Transaksi di pintu tol terbukti lebih cepat bila dilakukan dengan uang elektronik. PT Jasa Marga sebagai salah satu pengelola utama jalan tol menyebutkan, bayar tol pakai nontunai dua kali lebih cepat dibandingkan menggunakan uang tunai.

Hal tersebut diungkapkan General Manager PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi Setia Budi. “Saat ini transaksi dengan uang tunai membutuhkan waktu sekira 9 detik tiap kendaraan. Namun, dengan e-toll hanya membutuhkan 4 detik,” kata Budi seperti dikutip Okezone, Rabu (26/7) kemarin.

Penghematan waktu tersebut, lanjut Budi, membuktikan pembayaran dengan nontunai lebih efisien dibandingkan dengan uang tunai. Pasalnya, bila menggunakan uang elektronik, pengguna jalan tol tidak lagi direpotkan dengan uang kembalian.

Setia Budi menegaskan, pembayaran nontunai akan diberlakukan di seluruh jalan tol yang dikelola Jasa Marga. Program penggunaan nontunai untuk pengguna jasa jalan tol ini akan diberlakukan mulai 1 Oktober 2017 mendatang.

Pengguna nontunai di jalan tol pada musim mudik beberapa waktu lalu mengalami peningkatan berkat adalah program diskon 20 persen. Tapi Jasa Marga mengakui, transaksi nontunai di pintu tol masih perlu digalakkan, karena faktanya baru 29 persen pengguna jalan tol yang bertransaksi secara nontunai.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini