Polda Metro Jaya dan Bank DKI hari ini (26/3/2018) meluncurkan Samsat Digital (e-Samsat), layanan pembayaran balik nama dan Pajak Kendaraan Sudah Bisa Nontunai. Dengan adanya layanan digital ini, pemilik kendaraan di Jakarta nantinya tidak perlu bolak-balik ke Komdak untuk bayar pajak.

“Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) untuk meningkatkan layanan kepada warga DKI Jakarta dan sekitarnya, Bank DKI melakukan kerja sama dengan Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI Jakarta dalam hal pembayaran nontunai dan digitalisasi STNK,” ujar Direktur Utama Bank DKI, Kresno Sediarsi.

Kabar baik itu disampaikan Kresno usai peresmian Samsat Digital dan pembayaran nontunai di Mapolda Metro Jaya, Senin (26/3/2018).

Lewat fasilitas ini, para wajib pajak tak perlu lagi mengisi formulir pembayaran pajak secara manual. Mereka hanya perlu memasukkan nomor kendaraan miliknya di layar sentuh.

Kepada KOMPAS.com Kresno menjelaskan, Bank DKI akan menerima pembayaran PKB ( Pajak Kendaraan Bermotor), PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dan SDWKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) secara nontunai.

“Mekanismenya, pemilik kendaraan atau wajib pajak cukup datang ke Samsat untuk mengisi data kendaraan via e-Form. Selanjutnya, wajib pajak mendaftarkan kendaraannya pada loket pendaftaran untuk melakukan proses verifikasi data pemilik dan kendaraannya,” kata dia.

Selanjutnya, wajib pajak tinggal melakukan pembayaran lewat ATM Bank DKI atau lewat aplikasi mobile banking JakOne Mobile.

JakOne Mobile adalah aplikasi layanan keuangan milik Bank DKI yang terdiri mobile banking dan mobile wallet. Aplikasi ini bisa digunakan untuk transaksi di gerai-gerai yang bekerjasama dengan Bank DKI.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Idham Azis saat peluncuran produk ini menjelaskan, untuk sementara layanan Samsat Digital (e-Samsat) baru tersedia di Samsat Jakarta Selatan.

Harapannya, ke depan semua Samsat di Jakarta bahkan di seluruh wilayah Indonesia bisa melayani masyarakat yang ingin membayar pajak secara nontunai.

Leave a Reply