Antara “Cashless” dan “Lesscash”, Apa sih Bedanya?

Transaksi nontunai sedang gencar digalakkan oleh pemerintah dan Bank Indonesia selaku pemegang otoritas sistem pembayaran tanah air. Di antara sekian banyak informasi seputar nontunai, Anda mungkin menemukan istilah “cashless” dan “lesscash” bermunculan silih berganti.

Sebenarnya, apa sih beda kedua istilah itu? Ada yang bilang lesscash itu artinya nontunai, sedangkan cashless artinya gak punya tunai alias bokek. Apa benar begitu?

Sebenarnya, dua istilah itu sama-sama diartikan sebagai nontunai alias tanpa menggunakan uang tunai. Uang tunai yang dikenal di tengah-tengah masyarakat adalah uang kartal dengan sekian banyak denominasi (nilai satuan uang), baik berbentuk kertas maupun koin logam.

Bedanya, lesscash berarti lebih sedikit-cash atau sedikit-tunai yang digunakan dalam transaksi di suatu negara. Negara yang mengadopsi sistem pembayaran lesscash berarti sedang mengembangkan pembayaran nontunai, namun tetap mempertahankan pembayaran tunai. Nontunai tidak dijadikan pengganti tunai, tapi pelengkap untuk memudahkan masyarakat dan mempercepat inklusi keuangan.

Sedangkan cashless berarti tidak menggunakan uang tunai sama sekali di dalam transaksi, khususnya transaksi ritel. Negara yang mengadopsi sistem pembayaran cashless berarti sedang mengembangkan pembayaran nontunai secara utuh atau menyeluruh.

Indonesia adalah salah satu negara yang menerapkan lesscash. Biasanya, negara berkembang atau negara yang sama sekali belum terbiasa dengan sistem nontunai, akan memulai pengembangan nontunai dari lesscash. Tujuan akhirnya adalah “lesscash society” atau terbentuknya masyarakat yang beradaptasi dengan nontunai.

Setelah dianggap cukup sukses dan cocok untuk diterapkan secara lebih meluas dan menyeluruh, barulah satu negara bergerak menuju sistem pembayaran cashless.

Kanada, Denmark, Swedia dan Jepang adalah sedikit contoh negara maju yang sudah membentuk “cashless society” atau masyarakat nontunai seutuhnya di negaranya masing-masing.

Dan hadirnya gerakan NONTUNAI.com adalah untuk mempercepat terbentuknya masyarakat yang beradaptasi dengan nontunai atau “lesscash society“.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan beri komentar!
Masukkan nama Anda di sini