Apa yang anda ketahui tentang Non Tunai?

Sistem pembayaran Non Tunai adalah sistem yang mencakup seperangkat aturan, lembaga dan mekanisme yang digunakan untuk melaksanakan pemindahan dana guna memenuhi suatu kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi.

Sistem Pembayaran merupakan sistem yang berkaitan dengan pemindahan sejumlah nilai uang dari satu pihak ke pihak lain.

Media yang digunakan untuk pemindahan nilai uang tersebut sangat beragam, mulai dari penggunaan alat pembayaran yang sederhana sampai pada penggunaan sistem yang kompleks dan melibatkan berbagai lembaga berikut aturan mainnya.

Kewenangan mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran di Indonesia dilaksanakan oleh Bank Indonesia yang dituangkan dalam Undang Undang Bank Indonesia.

Alasan menggunakan Non Tunai sekarang ini sangat mudah, karena di era teknologi sekarang ini sudah banyak yang menggunakan transaksi nontunai sehingga kita tidak perlu membawa uang tunai dengan jumlah banyak. Itu akan memudahkan kita berbelanja, karena sangat simpel atau efisien. Dan kita bisa membawa uang dengan jumlah banyak tanpa membawa banyak uang tunai di dompet, hingga dompet kita menjadi tebal dan menurut bisa memicu pencopetan.

Berikut 4 alasan Non Tunai Mudan dan Tidak Ribet:

  1. Praktis Transaksi non tunai memang sangat praktis. Kalau dulu Kita harus bawa lembaran uang yang banyak, sekarang kita hanya membawa 1 kartu saja. Kalau mau lebih praktis lagi, Kita bisa melakukan transaksi menggunakan smartphone. Karena biasanya orang sekarang lebih suka bawa gadget mereka dari pada bawa dompet super tebal. Jika Kita ingin melakukan transaksi pembayaran online ppob (payment point online bank) seperti pulsa, listrik, cicilan motor dan lain-lainnya sekarang sudah bisa dilakukan lewat smartphone. Semua serba praktis tanpa ribet. Transaksi tanpa uang ini memang menawarkan kepraktisan bertransaksi kepada siapapun. Hal itu tidak lepas dari peran tekologi yang semakin maju dan berkembang. Jadi mending kita gunakan teknologi yang sudah ada dan tidak menyusahkan diri kita.
  2. Mudah Selain praktis, transaksi non tunai sekarang juga lebih mudah. Nggak banyak syarat khusus yang bermacam-macam. Tinggal klik-klik di smartphone, transaksi beres. Sesuai dengan tujuan diciptakannya banyak teknologi ialah untuk memudahkan pekerjaan manusia. Kemudahan bertransaksi juga jangan lupa harus ada kontrol disitu. Ingat dengan uang di rekening, jangan sampai kehabisan.
  3. Aman, tidak hanya menawarkan kepraktisan dan kemudahan saja, transaksi non tunai juga menjamin keamanan. Biasanya di atm atau aplikasi smartphone untuk transaksi pasti memiliki password. Jadi hanya orang-orang yang berhak yang bisa menggunakannnya. Sekalipun smartphone atau atmnya hilang. Berbeda dengan transaksi tunai yang memaksa kita bawa dompet tebal-tebal. Kalau misal dompet kita jatuh atau hilang, maka cara terbaik adalah mengiklaskannya. Transaksi model ini lebih aman jika dibandingkan dengan transaksi tunai. Kalau untuk transaksi kecil mungkin sama saja, tapi kalau transaksi yang berjumlah besar nggak mungkin kan pakai uang cash. Kalau transaksi jumlah besar yang aman ya mulailah pakai transaksi non tunai.
  4. Banyak Pilihan Transaksi non tunai sekarang banyak memiliki pilihan mau yang mana yang akan dipakai. Kita bisa pakai atm bank mana, kartu kredit yang mana, aplikasi transaksi, semua sudah ada. Tinggal bagaimana kita memilih yang tepat untuk transaksi kita. Salah satu penyedia transaksi non tunai yang berbentuk aplikasi untuk pembayaran online adalah Dompetku Plus. Dompetku Plus menawarkan kemudahan bertransaksi misalnya belanja online di e-commerce yang ada. Selain itu banyak promo-promo menarik yang ditawarkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here