9 Ruas Tol ini Tidak Terima Transaksi Tunai Mulai Oktober 2017

Mulai 1 Oktober 2017, semua ruas tol yang dikelola Jasa Marga tidak lagi menerima pembayaran tunai. Para pengemudi kendaraan yang ingin masuk tol, mau tidak mau, harus memiliki uang elektronik bersaldo cukup agar bisa melewati pintu tol.

Program #nontunai di tol ini sudah dicanangkan Jasa Marga sejak awal akhir Mei lalu, antara lain seperti yang belum lama ini ditegaskan oleh General Manager PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Setia Budi, kepada media massa.

Selain membantu Bank Indonesia dalam membumikan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), program penghapusan pintu tol tunai ini juga diyakini dapat mengurai antrian panjang di pintu tol yang menyebabkan kemacetan di sekitarnya.

Pasalnya, bayar tol pakai nontunai dua kali lebih cepat daripada pakai uang tunai. Kalau pakai uang elektronik, waktu yang dibutuhkan hanya 4 detik per transaksi. Sedangkan uang tunai membutuhkan waktu hingga 9 detik per transaksi.

Mulai Oktober 2017, bayar tol hanya pakai uang elektronik. (Foto: Jasa Marga)

Tol Tanpa Tunai

Nah, Sobat Nontunai sudah tahu ruas tol mana saja yang Oktober nanti hanya akan melayani transaksi dengan uang elektronik? Ingat ya, program penghapusan transaksi tunai ini hanya berlaku di tol yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Jasa Marga.

Baca juga Bayar Tol Pakai Nontunai Dua Kali Lebih Cepat dari Tunai

Hingga tahun 2016, Jasa Marga sudah mengoperasikan 593 kilometer jalan bebas hambatan. Hingga akhir 2017 nanti, ada 6 ruas tol baru yang dioperasikan Jasa Marga seluas total 210 kilometer.

Inilah 9 ruas jalan tol yang tidak lagi menerima transaksi tunai atau hanya bisa menggunakan uang elektronik dari 5 bank (Mandiri, BRI, BNI, BTN, BCA):

  1. Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi), 59 km
  2. Tol Dalam Kota Jakarta, 23,55 km
  3. Tol Jakarta-Tangerang, 33 km
  4. Tol Jakarta-Cikampek, 83 km
  5. Tol Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi), 123 km
  6. Tol Palikanci (Palimanan-Kanci), 26,3 km
  7. Tol Semarang, 24,75 km
  8. Tol Surabaya-Gempol, 43 km
  9. Tol Belawan-Medan-Tj Morawa, 34 km

Tahun ini, Jasa Marga menambah 6 jalan tol baru yang juga dirancang untuk tidak melayani transaksi uang tunai di pintu tol. Yaitu:

  1. Tol Gempol-Pasuruan, 20,50 km
  2. Tol Surabaya-Mojokerto (Ruas Bawen-Salatiga), 15,50 km
  3. Tol Semarang-Solo (Ruas Bawen-Salatiga), 17,50 km
  4. Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (Ruas Perbarakan-Sei Rampah), 41,69 km
  5. Tol Solo-Ngawi, 90,25 km
  6. Tol Ngawi-Kertosono (Ruas Ngawi-Caruban), 25,00 km

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here