Salah satu moda transportasi kota yang sudah menerapkan pembayaran nontunai adalah kereta api listrik. Bagi mereka yang tidak memiliki uang elektronik (unik), PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyediakan Tiket Harian Berjaminan (THB). Bagaimana cara membelinya?

THB adalah tiket berbentuk kartu yang dibuat khusus untuk masuk dan keluar stasiun kereta dalam jalur komuter Jabodetabek. Tanpa kartu ini, Anda tidak akan bisa masuk ke dalam stasiun, yang artinya tidak bisa naik kereta.

Selain dengan THB, Anda juga bisa menggunakan uang elektronik yang diterbitkan oleh PT KCI atau penyedia uang elektronik lainnya.

Cara membeli THB sangat mudah. Cukup dengan mendatangi mesin penjual otomatis (vending machine) yang tersedia di semua stasiun. Ini adalah mesin canggih berlayar sentuh. Saat menggunakan mesin ini, Anda tidak lagi berinteraksi dengan manusia. Cukup masukkan uang ke dalam mesin, lalu tiket berbentuk kartu keluar dari mesin.

Berikut cara membeli THB di vending machine atau mesin penjual otomatis. Begini nih caranya:

  1. Pilih stasiun yang dituju. Anda akan melihat gambar peta atau rute kereta yang menghubungkan semua stasiun yang dilayani KRL Jabodetabek. Sentuh nama stasiun yang tertulis di layar.
  2. Cek Stasiun Tujuan sudah benar. Setelah itu, layar akan menampilkan nama stasiun yang Anda pilih, dan harga tiket yang harus dibayar. Kalau sudah benar, tekan tombol “Proses”
  3. Bayar tiket. Lalu masukkan uang kertas ke tempatnya yang disediakan. Tempat memasukkan uang akan menyala-nyala sampai uang kertas Anda masuk ke dalamnya. Pecahan yang diterima adalah Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000 dan Rp 100.000. Lalu mesin memproses pembayaran secara otomatis
  4. Ambil kembalian. Ambil kembalian jika jumlah yang Anda bayar melebihi harga tiket.
  5. Ambil tiket. Tiket berbentuk kartu keluar dari baki. Ambil kartu tersebut.

Selesai, Anda bisa meninggalkan mesin bernama Commuter Vending Machine (C-VIM) ini.

Mudah kan?

Tinggalkan Balasan