Akhir tahun lalu, tepatnya tanggal 19 Desember 2016, Bank Indonesia merilis serial uang Rupiah tahun emisi (TE) 2016. Uang ini resmi disebut sebagai Uang Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Karena baru pada uang edisi inilah, wakil pemerintah tercantum dalam lembar uang, lewat tandatangan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Sebelumnya, uang Rupiah hanya ditandatangani oleh Gubernur Bank Indonesia.

Berikut 6 keunggulan uang baru 2016:

  1. Color Shifting

Berbeda dengan color shifting dari uang sebelumnya, uang yang baru ini bila dilihat dari sudut pandang yang berbeda akan memberikan efek perubahan warna secara kontras. Anda dapat melihat pula kelebihan uang ini dari sisi rainbow feature-nya, yakni bila Anda melihat uang ini dari sudut pandang tertentu maka akan muncul gambar+ tersembunyi multiwarna berupa angka nominal.

  1. Latent Image

Kemudian, bila dilihat dari sisi latent image-nya, yakni apabila uang ini Anda lihat dari sudut tertentu, maka akan muncul gambar tersembunyi berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang. Tentunya berbeda dengan uang sebelumnya.

  1. Ultraviolet Feature

Bank Indonesia ternyata juga melakukan penguatan desain ultraviolet feature di uang baru ini yang berbeda dengan uang sebelumnya. Yakni desain yang bisa memendar menjadi dua warna di bawah sinar ultraviolet.

  1. Rectoverso

Kemudian, bila dilihat dari sisi rectoversonya, dan ketika Anda terawang uang baru ini, maka akan terbentuk gambar saling isi berupa logo BI.

  1. Blind Code

Kabar baik juga datang dari uang ini untuk saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan penglihatan, yakni dengan adanya desain uang tahun emisi (TE) 2016 yang telah mengalami penyempurnaan fitur kode tuna netra (blind code) dengan melakukan perubahan desain pada bentuk kode tuna netra berupa efek rabaan (tactile effect) untuk membantu membedakan antar pecahan dengan lebih mudah.

  1. Total 17 Pengaman

Bank Indonesia telah bekerja keras membantu pihak kepolisian dalam memberantas peredaran uang palsu dengan memberikan pengamanan di uang yang baru ini setidaknya berjumlah hingga 17 pengaman. Fitur pengamanan tersebut tentu beberapa bisa diketahui masyarakat umum, dan sisanya hanya diketahui BI.

Nah, itu tadi beberapa kelebihan uang baru rupiah emisi 2016. Dengan dirilisnya uang baru ini, diharapkan proses transaksi keuangan dalam negeri semakin meningkat, kecintaan terhadap mata uang rupiah kian bertambah, serta aksi kejahatan berupa pemalsuan uang bisa dikurangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here