​Kejar Target 10 Persen, Pertamina Bebaskan Biaya Gesek Kartu Kredit di Semua SPBU

​Kejar Target 10 Persen, Pertamina Bebaskan Biaya Gesek Kartu Kredit di Semua SPBU
​Kejar Target 10 Persen, Pertamina Bebaskan Biaya Gesek Kartu Kredit di Semua SPBU

Untuk meningkatkan jumlah transaksi nontunai hingga mencapai 10 persen, Pertamina menggratiskan biaya gesek kartu kredit di semua SPBU.

Hingga tahun 2016 lalu, masih sedikit sekali masyarakat Indonesia yang menggunakan alat transaksi nontunai saat membeli bensin.

Menurut catatan Pertamina, hanya 3 persen transaksi nontunai yang terjadi di 5.204 SPBU Pertamina di seluruh Indonesia. Baik yang menggunakan kartu debit maupun kartu kredit.

Artinya, 97 persen sisanya masih menggunakan uang fisik alias tunai.

Mau tahu berapa jumlah total transaksi beli bensin? Secara keseluruhan telah mencapai Rp 274 triliun. Dari total transaksi tersebut, Rp 265,78 triliun berasal darinl transaksi tunai.

Kondisi ini menunjukkan masih minimnya minat masyarakat dalam menggunakan alat pembayaran non tunai. Masyarakat masih merasa lebih nyaman membawa uang tunai saat hendak mengisi bensin

Padahal, bahan bakar minyak merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat dari Sabang sampai Merauke, yang tingkat konsumsinya selalu bertambah dari tahun ke tahun.

Bila budaya nontunai tidak digalakkan, akan semakin banyak transaksi tunai yang terjadi di masyarakat.

Untuk meningkatkan transaksi nontunai, Pertamina melakukan terobosan dengan menghilangkan biaya tambahan bagi pengguna kartu kredit di semua SPBU mulai tahun 2017 lewat kampanye “No Surcharge Program”.

Kampanye ini diperkuat dengan program promo “Pertamina Lucky Swipe” yang memberikan kesempatan kepada pengguna kartu kredit untuk meraih hadiah mobil dan hadiah besar lainnya  hanya dengan membeli bensin pakai kartu kredit. Dalam program ini, Pertamina menggandeng tiga bank BUMN: Mandiri, BRI dan BNI.

Sebelumnya, ketentuan transaksi dengan kartu kredit berbeda antara satu SPBU dengan SPBU lainnya. Ada yang menerapkan hingga 3 persen per gesek kartu, ada yang menggratiskan.

Dengan ketentuan baru tadi, tidak ada lagi biaya gesek kartu kredit di 5000 lebih SPBU Pertamina. Pertamina menargetkan penggunaan nontunai di SPBU meningkat dari 3 persen menjadi 10 persen pada akhir 2017 nanti.

Baca mekanisme dan rincian hadiah “Pertamina Lucky Swipe” di sini.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan beri komentar!
Masukkan nama Anda di sini